Auditory Steady State Response (ASSR)

Pemeriksaan elektrofisiologis lain untuk menilai AEP adalah Auditory Steady State Response (ASSR), atau kadang-kadang dikenal juga sebagai Steady-State Evoked Potential (SSEP). ASSR adalah salah satu metode pemeriksaan terbaru yang dapat digunakan oleh para audiologis untuk menentukan prediksi ambang pendengaran pada anak-anak.

Tujuan ASSR adalah untuk membuat estimasi audiogram statistik yang akurat. Pada respons dari ABR diukur dalam microvolts, sedangkan pada ASSR diukur dalam nanovolts. Pada dasarnya, cara pemeriksaan pada tes ASSR ini sama dengan pemeriksaan pada BERA. Yang membedakan adalah frekuensi yang diperiksa serta gambaran hasil tes. Hasil tes BERA gambarannya berupa gelombang-gelombang sedangkan hasil tes ASSR berupa audiogram. Biasanya, jika dalam pemeriksaan BERA tidak ditemukan gelombang V di intensitas 80 dB, maka disarankan untuk melakukan tes ASSR untuk mengetahui berapa derajat gangguan pendengaran bayi atau anak.

Hasil tes ASSR ini sangat penting digunakan dalam pemilihan dan pengaturan alat bantu dengar, terutama pada alat bantu dengar digital programmable. Ketepatan gain atau amplifikasi yang diberikan harus sesuai dengan hasil tes ASSR dan hasil tes pendengaran subyektif yang mendukung, yaitu Free Field Test.

Referensi :
1. Martin FN, Clark JG. Diagnostic Hearing Tests. In: Introduction to Audiology. 9th ed. United States of America: Pearson Education Inc.

Leave a Reply

Your email address will not be published.