Alat bantu dengar yang difasilitasi dan ditanggung BPJS

Tubuh manusia memiliki sebuah fungsi kerja masing- masing, telinga berfungsi untuk mendengar, gigi berfungsi untuk mengunyah, mata berfungsi untuk melihat dan anggota tubuh lainnya. Namun ketika anggota tersebut mengalami kelemahan maka membutuhkan sebuah alat bantu untuk membantu nya bekerja, itu lah yang disebut dengan alat bantu kesehatan.

Bicara soal Alat bantu mungkin ada sebagian peserta BPJS yang mengalami masalah pada bagian anggota tubuhnya dan membutuhkan sebuah alat bantu untuk membantu fungsi tubuh melakukan aktifitas sesuai dengan kerja nya, maka bisa mengajukan alat bantu menggunakan layanan BPJS.

Pertanyaanya, Apa saja alat bantu yang di fasilitasi dan ditanggung oleh BPJS Kesehatan? Karena tidak semua alat bantu di cover BPJS. Maka lebih baik simak ulasan kami mengenai alat bantu yang di cover BPJS kesehatan. Tentu untukbisa mendapatkan pelayanan alat bantu kesehatan dari BPJS Kesehatanharus sesuai dengan indikasi medis danatas rekomendasi dokter spesialis yang memeriksa.

Dalam Hal Ini BPJS Kesehatan tidak menanggung sepenuhnya hanya saja BPJS Kesehatan memberikan bantuan atau subsidi atas harga alat bantu yang diresepkan oleh dokter. Jika ternyata harga melebihi batas limit yang di cover bpjs maka peserta dapat menanggung lebih nya.

Sebagai Contoh : BPJS Kesehatan memberikan subsidi sebesar Rp 1 Juta untuk pembelian Alat Bantu Dengar, sedangkan harga alat bantu dengar yang Rp 1 juta 500 maka, Pasien yang menanggung lebihnya yaitu Rp500.000

BPJS Kesehatan Memberikan Subsidi Untuk Alat Bantu Dengar

Jika anda mengalami gangguan pendengaran dan ingin menggunakan alat bantu dengar maka anda bisa memeriksakan keluhan anda terlebih dahulu di faskes 1 kemudian anda akan di rujuk ke rumah sakit bagian polis THT, selanjutnya anda akan mendapatkan resep mengenai alat bantu dengaryang harus dibeli dan jangan lupa untuk minta stempel rumah sakit sebagai bukti telah diperiksa.

Pemberian subsidi alat bantu dengar selama 5 tahun sekali, dan sesuai dengan indikasi medis. BPJS Kesehatan akan memberikan bantuan untuk pembelian alat bantu dengan sebesar Rp1juta. Jika ternyata harga lebih dari 1 juta maka pasien manambahi sendiri kekurangannya.
source : https://www.panduanbpjs.com/alat-bantu-kesehatan-yang-difasilitasi-dan-ditanggung-bpjs/

Leave a Reply

Your email address will not be published.