5 STRATEGI UNTUK MEMANCING ANAK BERBICARA

Bagi anak dengan gangguan dengar yang baru saja menggunakan alat bantu dengar, memancing mereka berbicara atau hanya mengeluarkan beberapa kata akan menjadi pekerjaan rumah yang sangat besar untuk mereka. Lalu bagaimana cara agar semuanya berjalan sesuai harapan?

1. Jangan Membaca Pikiran Mereka

Ya, Anda Memang Adalah Orang Tua Bagi Mereka, Yang Bahkan, Hanya Dengan Mendengar Mereka Menangis, Anda Tau Apa Yang Mereka Inginkan. Ketika Mereka Masih Bayi, Hal Tersebut Mungkin Anda Lakukan. Ketika Mereka Menangis, Anda Langssung Mengambilkan Susu, Ketika Mereka Meringgis, Anda Langsung Memeriksa Popok Mereka Dan Sebagainya.
Tapi, Untuk Saat Ini, Jangan Lakukan Hal Tersebut Lagi! Khususnya, Jika Anda Ingin Anak Anda Memiliki Keberanian Untuk Berbicara.
Jika Anak Anda Menginginkan Sesuatu, Dan Biasanya Ia Hanya Dengan Menunjuk Barang Yang Ia Inginkan, Tunjukan Ekspresi Bahwa Anda Tidak Mengerti Apa Yang Diinginkannya. Katakan Bahwa Anda Membutuhkan Penjelasan Yang Lebih Detail Tentang Apa Yang Sang Anak Inginkan. Berpura-Puralah Anda Tidak Paham, Untuk Memancingnya Bersuara.

2. Hindari Pertanyaan Yang Hanya Menuntut Jawaban Iya Dan Tidak

Hindari Bertanya Hal-Hal Seperti, “Kamu Sudah Makan?” “Kamu Sudah Mandi?” Dan Lain Sebagainya, Yang Hanya Membutuhkan Jawaban Ya Dan Tidak Saja. Sebaiknya, Anda Memikirkan Pertanyaan Dimana Anak Anda Harus Menjawabnya Lebih Dalam, Seperti : “Makan Siang Ini Pakai Menu Apa, Dan Bagaimana Rasanya?” Atau Bertanya, “Ada Apa Di Sekolah Hari Ini, Tugas Apa Yang Diberikan Oleh Gurumu?”

3. Berikan Anak Waktu Menjawab

Sebaiknya, Berikan Waktu Pada Mereka Untuk Memahami Instruksi Anda Terlebih Dahulu. Diam Lah Sejenak Setelah Anda Memberikan Instruksi, Sambil Menunggu Bagaimana Respon Anak Jika Anda Diam. Hal Ini Juga Menjadi Satu Tantangan Untuk Anda, Sekaligus Untuk Mengetahui Apakah Anak Mendengar Pada Saat Instruksi Pertama Kali Diberikan.

4. Saling Bercerita

Jika Anda Suka Bercerita, Maka Buatlah Tema Cerita Anda, Yang Anda Pikir Sangat Menarik Untuk Si Kecil. Misalnya, Si Kecil Suka Mobil, Maka Anda Bisa Bercerita Tentang Mobil Pemadam Kebakaran Yang Berhasil Memadamkan Asap. Setelah Anda Bercerita, Mintalah Anak Anda Untuk Juga Bercerita Tentang Mobil Lainnya. Jadikan Komunikasi Berlangsung Dua Arah.

5. Memberikan Pilihan Untuk Memancing Anak Berbicara

Sama Dengan Menghindari Pertanyaan Dengan Jawaban Ya Atau Tidak, Pertanyaan Yang Sifatnya Pilihan Membuat Anak Harus Mengeluarkan Kata-Kata Dari Mulutnya. Misalnya, “Apakah Kamu Suka Apel Atau Jeruk?” Kamu Mau Ikut Mama Ke Pasar Atau Ikut Papa Ke Bengkel? Dengan Memberikan Pertanyaan-Pertanyaan Seperti Ini, Anda Bisa Memancing Anak Anda Untuk Mengeluarkan Kata, Walaupun Hanya Satu Kata Saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.