Tahukah Kamu Apa Itu Eksostosis Liang Telinga ?

Eksostosis liang telinga (‘surfer’s ear’) merupakan kelainan yang terjadi akibat pertumbuhan abnormal lamela tulang liang telinga. Etiologi pasti belum diketahui, tetapi diduga paparan air dan udara dingin yang berulang menjadi faktor pencetus timbulnya kelainan ini.

Gangguan pendengaran merupakan salah satu keluhan yang paling sering ditemukan. Eksostosis yang menyebabkan obstruksi >80%, memerlukan tindakan bedah sebagai pilihan utama. Menghindari pajanan terhadap faktor pencetus, penting untuk menekan angka rekurensi.

Eksostosis liang telinga merupakan kelainan yang terjadi karena pertumbuhan abnormal tulang liang telinga yang diduga akibat paparan air dan udara dingin yang berulang sehingga menyebabkan iritasi periosteum dan merangsang pertumbuhan abnormal komponen tulang. Pertumbuhan yang terus menerus akan menyebabkan obstruksi pada liang telinga.

Pada keadaan ringan eksostosis tidak menimbulkan gejala, sedangkan pada keadaan lebih berat menyebabkan keluhan rasa tersumbat dan nyeri pada telinga, telinga berair, dan gangguan pendengaran. Kelainan kongenital, keganasan, infeksi, dan riwayat trauma pada liang telinga merupakan diagnosis banding yang perlu disingkirkan agar penanganan dan tindakan untuk mengatasi gangguan pendengaran yang diakibatkan eksostosis dapat dilakukan.

Gejala klinis dari eksostosis dapat asimptomatis, namun pada kasus yang sudah menyebabkan obstruksi liang telinga dapat menimbulkan gangguan pendengaran berupa tuli konduktif, otitis eksterna, nyeri telinga dengan atau tanpa tinitus. Pemeriksaan otoskopi memperlihatkan kelainan berupa tonjolan tulang dengan perabaan keras, tidak mobile dan tidak nyeri tekan.

Pemeriksaan penunjang seperti tomografi komputer mastoid dilakukan untuk melihat seberapa besar eksostosis memenuhi liang telinga dan kemungkinan komplikasi yang menyertai. Pengangkatan eksostosis merupakan penangan tepat untuk mengatasi kelainan ini. Lokasi dan ukuran lesi berpengaruh dalam pemilihan pendekatan pengangkatan eksostosis baik dalam anastesi lokal atau umum.

Source 
Bagian Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (THT-KL)
Fakultas Kedokteran Universitas Andalas/ RSUP. Dr. M. Djamil Padang
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.