8 NUTRISI UNTUK MENJAGA KESEHATAN TELINGA/INDRA PENDENGARAN

1. Kalium

Kalium merupakan mineral yang membantu menjaga kadar cairan dalam darah dan jaringan. Oleh karena itu, kalium sangat penting untuk memastikan kemampuan pendengaran Anda bekerja dengan baik dengan memenuhi pasokan cairan di telinga bagian dalam.

Sumber kalium terdapat pada Kentang, jeruk, tomat, kismis, pisang, bayam, melon, yogurt dan susu rendah lemak.

2. Folat

Folat atau asam folat diperlukan untuk menghasilkan sel-sel baru serta meningkatkan sirkulasi dalam tubuh Anda. Sirkulasi yang baik memastikan bahwa rambut-rambut kecil di bagian dalam telinga Anda ternutrisi dengan baik.

Sumber asam folat terdapat pada Sereal, bayam, asparagus, hati, kacang hijau, alpukat, brokoli, selada, kacang, telur utuh, stroberi, pepaya, jus tomat,pisang, dan melon.

3. Magnesium

Magnesium bekerja bersama-sama dengan vitamin C, A, dan E untuk melindungi telinga Anda dari radikal bebas yang disebabkan oleh suara keras sehingga membantu mencegah gangguan pendengaran. Penelitian telah mengungkapkan bahwa rendahnya tingkat magnesium menyebabkan pembuluh darah di telinga menyusut serta minimnya suplai oksigen.

makanan yang mengandung magnesium adalah Pisang, kentang, bayam dan brokoli.

4. Zinc

Zinc merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Salah satunya dengan membantu mencegah infeksi di telinga. Di samping itu, zinc juga berperan dalam pertumbuhan sel, menyembuhkan luka dan juga mampu mengobati tinnitus, yaitu suatu kondisi dimana Anda mengalami suara denging yang konstan di telinga Anda.

Sumber makanan yang mengandung zinc yaitu kacang mete, kacang tanah, almond, kacang, kacang polong, lentil, tiram, dark chocolate, daging sapi, dan ayam.

5. Mangan

Mineral ini bermanfaat dalam meningkatkan pendengaran Anda dengan memastikan hubungan antara otak dan saraf berfungsi dengan baik. Selain itu, mangan berguna untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan dan tulang. Rendahnya tingkat mangan dalam tubuh sering menyebabkan tinnitus.

Sumber mangan terkandung dalam buah Apel, kacang-kacangan, alpukat, nanas, kismis, kuning telur, seledri, dan kacang pinus.

6. Vitamin D

Seperti yang kita ketahui, vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dalam tulang. Hal ini tentu mempengaruhi telinga Anda. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteopenia yakni suatu keadaan di mana tulang-tulang di telinga mengeras dan berpori. Alhasil, Anda pun dapat kehilangan pendengaran.

Sumber vitamin D berasal dari Sinar matahari, salmon, minyak ikan, minyak ikan cod, makarel, hati, ikan tuna, dan kuning telur.

7. Vitamin B12

Vitamin B12 berguna untuk meningkatkan pendengaran Anda dengan mengendalikan produksi sel darah merah, menurunkan produksi homosistein yang menyebabkan gangguan pendengaran, serta mencegah timbulnya tinnitus.

Sumber Vitamin B 12 berasal dari Produk olahan susu, telur, daging sapi tanpa lemak dan kerang.

8. Asam lemak Omega 3

Omega 3 mencegah ketulian atau hilangnya pendengaran karena nutrisi ini berperan untuk mensinkronisasi komunikasi antara otak dengan telinga. Di samping itu, omega 3 bermanfaat untuk mencegah peradangan dan memastikan pesan yang dikirim otak ke telinga atau sebaliknya berjalan secara efektif.

Sumber omega 3 adalah Ikan Salmon,ikan sarden dan makarel

 

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.