FAQ

Home / FAQ

Umum

Cairan telinga yang juga disebut otitis media efusi (OME) adalah penumpukan lendir atau cairan di belakang gendang telinga, tanpa gejala infeksi telinga. Hampir semua anak mengalami cairan telinga setidaknya sekali selama usia sekolah.

Infeksi telinga akut (AOM) terjadi ketika kuman (bakteri dan / atau virus) masuk ke telinga tengah dan menyebabkan demam, sakit telinga, dan peradangan aktif (akut). Baik Infeksi telinga akut maupun OME sama-sama memiliki cairan di telinga tengah, tetapi dengan OME cairan tersebut tidak aktif terinfeksi dan mungkin tanpa terasa atau dengan nyeri yang minimal.

Anda mungkin tidak bisa tahu. Beberapa anak dengan OME memiliki masalah pendengaran, tetapi anak-anak lain mungkin tidak memiliki gejala apapun, atau mungkin menunjukkan gejala samar (misalnya menggosok telinga, kecanggungan, pendengaran selektif, susah tidur). Dokter Anda dapat mendeteksi cairan telinga dengan melihat liang telinga (otoscopy) atau dengan mengukur gerakan gendang telinga (timpanometri atau otoscopy pneumatik).

OME dapat disebabkan oleh pilek, infeksi telinga (AOM) atau oleh penyumbatan normal yang lazim terjadi pada anak-anak, di telinga tengah mereka. Seringkali OME terdeteksi selama kunjungan rutin ke dokter dan belum diketahui penyebab pastinya.

Ada banyak pendapat tentang menangani OME, namun saran terbaik dapat ditemukan dalam pedoman praktek klinis, yang membuat rekomendasi berdasarkan bukti terbaik dari pengalaman dan dengan mempertimbangkan potensi untung dan ruginya cara-cara yang berbeda.

 

Pertanyaan seputar alat bantu dengar dewasa

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan. Misalnya, ketika melakukan  percakapan di tengah kebisingan, Anda perlu lebih dari biasanya berkonsentrasi pada apa yang orang lain katakan. orang lain beranggapan bahwa volume di televisi atau radio Anda terlalu keras. Atau orang meminta Anda untuk berbicara lebih pelan di telepon. Atau mungkin lebih jelasnya, ketika berada di depan umum Anda dikejutkan oleh sebuah mobil yang tampaknya muncul tiba-tiba, karena Anda tidak mendengarnya mendekat. Jika situasi seperti ini  akrab bagi Anda, Anda harus melakukan tes pendengaran secepatnya – baik dengan menghubungi kami langsung dengan mengisi kolom melalui website ini atau datang langsung ke kantor cabang kami terdekat.

 

Timbulnya gangguan pendengaran biasanya secara  bertahap, sehingga Anda tidak mungkin untuk melihat adanya perubahan mendadak. Dua keluhan umum dari orang-orang yang telah kehilangan pendengaran adalah, “Saya mendengar orang berbicara, tapi kadang-kadang saya tidak bisa mengerti apa yang mereka katakan,” dan, “Aku bisa mendengar dengan baik di tempat yang tenang, tetapi ketika dilingkungan yang bising, saya kesulitan memahami percakapan. “Selain keluhan ini, anggota keluarga mungkin mengeluh bahwa TV Anda atau volume radio terlalu kuat, Jika Anda memperhatikan tanda-tanda tersebut, kemungkinan pendengaran Anda terganggu.

 

Jika Anda merasakan bahwa pendengaran Anda tidak sebaik dulu, Anda harus mendatangi hearing centre atau pusat alat bantu dengar terdekat di daerah Anda. Mereka  dapat menentukan penyebab dan tingkat gangguan pendengaran dan memberikan solusi yang tepat untuk Anda. Jika ternyata Anda malasah medis yang harus ditangani lebih lanjut, mereka akan merujuk ke poliklinik ataupun rumah sakit yang memiliki dokter THT terdekat. Dan jika solusinya adalah alat bantu dengar, Earsound siap memberikan solusi pendengaran yang tepat untuk Anda.

 

Sayangnya, hal ini biasanya tidak terjadi. Jika masalah pendengaran muncul setelah paparan singkat untuk suara sangat keras, itu hanya mungkin menjadi fenomena sementara dan bisa hilang setelah beberapa hari. Bahkan setelah kehilangan pendengaran akut, adalah mungkin saja dengan perawatan medis dapat memperbaiki situasi. Namun jika masalah ini disebabkan oleh keausan yang berkaitan dengan usia atau kerusakan kronis yang disebabkan oleh paparan kebisingan yang lama, kemampuan pendengaran hanya dapat ditingkatkan dengan penggunaan satu atau dua alat bantu dengar.

Di masa lalu, alat bantu dengar berukuran besar dan tidak menarik. Alat bantu dengar modern, bagaimanapun, tidak hanya stylish, tetapi sering hampir tak terlihat. Pesatnya perkembangan teknologi dan desain berarti bahwa semakin banyak orang dapat menjalani hidup sepenuhnya (baik di tempat kerja dan di waktu luang mereka) berkat alat bantu dengar yang paling modern. Coba lihat pilihan produk alat bantu dengar di website kami.

Pertanyaan seputar pediatric hearing solution

Tentu saja. Masalah pendengaran tidak selamanya menyangkut usia (tua). Secara umum, memang benar bahwa kemampuan mendengar akan menurun seiring dengan usia; alasannya karena kerusakan sel-sel rambut di telinga dalam. Tapi hari ini, ada lebih banyak anak muda yang mengalami gangguan pendengaran. Hal ini akibat mendengarkan suara yang bising dilingkungan kerja mereka atau sering mendengarkan musik keras menggunakan earphone. Gangguan pendengaran juga bisa terjadi karena sifat genetik atau bawaan lahir biasa terjadi pada bayi yang baru lahir.

Beberapa faktor resiko penyubab ketulian pada bayi :

  1. Riwayat keluarga yang mengalami gangguan pendengaran (faktor genetik),
  2. Infeksi saat kehamilan seperti TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV),
  3. Berat Badan Lahir rendah, Kelahiran prematur,
  4. Kondisi penyakit yang membutuhkan perawatan di ruang NICU selama 48 jam
  5. Hiperbilitubinemia pada kadar yang memerlukan transfus
  6. Meningitis bakterial obat-obat ototoksik yang diberikan lebih dari 5 hari

Kunjungi dokter spesialis THT ataupun Anak terdekat. Biasanya mereka akan merujuk untuk melakukan pemeriksaan awal yaitu skrining OAE untuk bayi berusia mulai 2 hari guna mengetahui kondisi Rumah Siput (Cochlea) atau telinga bagian dalam. Hasilnya bisa PASS yang berarti kondisi rumah siput normal dan bisa juga REFER dimana kondisi Rumah Siput kemungkinan tidak normal. Jika diketahui hasil tesnya REFER selanjutnya lakukan pemeriksaan BERA / ABR (Auditory Brainsteem Response) untuk mengetahui seluruh fungsi pendengaran, mulai fungsi telinga luar tengah maupun bagian dalam.

Jika hasil tes pendengaran menunjukan terjadi gangguan pendengaran (tuli), sebaiknya segera dilakukan intervensi yaitu pemasangan Alat Bantu Dengar atau Implan Koklea. Selanjutnya lakukan habilitasi berupa terapi bicara dengan berbagai pilihan metode habilitasi. Keterlambatan intervensi dan habilitasi pendengaran akan menyebabkan keterlambatan bicara.

Alat bantu dengar bukanlah alat untuk menyembuhkan telinga yang tuli. Jika anak Anda mengalami gangguan pendengaran (ketulian) dan ketulian tidak bisa dilakukan dengan pengobatan, alat bantu dengar adalah rekomendasi terbaik. Jika alat bantu dengar telah dianjurkan, anak Anda akan menggunakan Alat Bantu Dengar selama sisa hidup mereka artinya digunakan selamanya karena mereka akan mendapatkan banyak manfaat dari alat tersebut. Dan jika alat ini tidak digunakan anak Anda tidak akan mendengar sebagaimana mestinya.

 

Jika ingin meningkatkan kemampuan berbicara dan berbahasanya, anak wajib menggunakannya secara konsisten. Mulai dari dia bangun tidur hingga dia tidur lagi di malam hari. Beberapa kasus anak dianjurkan menggunakannya ketika tidur siang. Kecuali pada saat dia mandi ataupun terkena air sebaiknya alat tersebut dibuka untuk menghindari kerusakan.

 

Jika didiagnosa mengalami gangguan pendengaran dikedua telinganya, seharusnya menggunakan sepasang alat bantu dengar. Jika hanya satu telinga yang mengalami ketulian berarti hanya dibutuhkan 1 alat bantu dengar saja untuk membantu bagian telinga yang tuli tersebut. Menggunakan sepasang  alat bantu dengar membantu mengetahui arah datangnya suara, mendengar dari jarak yang agak jauh dan memudahkan anak mengerti percakapan dilingkungan yang bising. Membatasi penggunaan alat bantu dengar hanya dengan 1 telinga berarti membatasi kemampuan mendengar anak tersebut. Hal ini juga mengurangi stimulasi yang dibutuhkan otak untuk berkembang lebih baik.