HAL APA SAJA YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH ALAT BANTU DENGAR

HAL APA SAJA YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH ALAT BANTU DENGAR

111

HAL APA SAJA YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH ALAT BANTU DENGAR

Membeli alat bantu dengar untuk anak anda sama juga anda sudah berinvestasi untuk masa depan pendengarannya. Oleh sebab itu anda harus selektif untuk memilih alat bantu dengar untuk anak anda, disesuaikan dengan dana yang anda miliki. Karena sekarang sudah banyak beredar bermacam merk serta tipe alat bantu dengar di pasaran. Jangan sampai anda salah memilih alat bantu dengar.

Dasar pemilihan ABD (Alat Bantu Dengar, Hearing Aids: HA) bisa dilihat dari kondisi gangguan pendengaran pasien, kondisi telinga, usia pasien, kondisi motorik pasien.
Untuk kriteria Alat Bantu Dengar (ABD) yang baik adalah yang sesuai dengan gangguan pendengaran pasien, bagaimana kita tahu sesuai dan tidaknya? Tanyakan pada konsultan yang melayani kita pada saat membeli ABD, hal apa saja yang perlu ditanyakan :

Teknologi ABD Apakah Digital Atau Analog?

ABD digital adalah ABD yang menghasilkan suara dengan melalui proses perhitungan secara digital dan suara yang dihasilkan sudah baik.

ABD digital ada dua macam :
Digital konvensional yaitu ABD yang proses penyetingannya secara manual menggunakan obeng/ trimer
Digital programmable yaitu proses penyetingannya menggunakan program computer
ABD analog adalah ABD yang menghasilkan suara dengan proses analog atau secara terus menerus tidak beraturan dan suara cenderung berisik karena dapat dengan mudah dipengaruhi oleh noise.

Kekuatan/Power ABD

Misalnya Gain (Tingkat Pengerasan Suara oleh Prosesor/Chip) atau MPO (Maximum Power Ouput – Kekuatan Suara Maksimum yang dikeluarkan oleh Loud Speaker) ABD tersebut. Biasanya, Gain ABD untuk gangguan dengar sangat berat (91 dB -120 dB) berkisar antara 78 – 85 desibel (dB) dan MPO 140 – 144 dB. Kalau kita tidak mengerti, sekali lagi bertanya pada konsultan yang melayaninya.

Jumlah Channel

Dengan menggunakan channel alat bantu dengar dapat disetting sesuai dengan frekwensi suara yang dibutuhkan. Terutama frekwensi yang mewakili area percakapan atau BANANA SPEACH

Garansi Atau Purna Jual

Biasanya alat bantu dengar sudah digaransi untuk kerusakan mesin/ spare part selama 1 tahun. Serta pelayanan untuk pembelian batere serta asesoris lainnya harus terjamin. Serta kesesuian serial number nomor seri pada mesin di alat bantu dengar sesuai dengan data fitting untuk ABD digital. Untuk ABD analog biasanya agak sulit mengecek nomor seri sesuai atau tidak karena hanya terdapat di body ABD, dan tidak tercantum di data fitting.

Konsultan Pendengaran

Konsultan pendengaran yang kompeten serta berkualitas. Karna sangat berpengaruh untuk ketepatan mulai dari pemeriksaan pendengaran sampai dengan observasi FFT serta fitting.

Harga Dan Fitur

Harga dan fitur yang ada. Biasanya harga berbanding lurus dengan fitur fitur pada alat bantu dengar.

Leave a Reply