Bagaimana Memilih Alat Bantu Dengar yang baik untuk Anak

Bagaimana Memilih Alat Bantu Dengar yang baik untuk Anak

memilih alat

Bagaimana Memilih Alat Bantu Dengar Yang Tepat Untuk Anak

Anak anda mengalami kesulitan mendengar?

Jika Anda mengetahui bahwa anak Anda mengalami masalah tersebut, jalan terbaik adalah secepatnya periksakan kondisi pendengarannya sehingga Anda akan dengan cepat menentukan penanganan terbaik apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana memilih alat bantu dengar yang cocok. Jika Alat Bantu Dengar adalah solusinya, maka panduan berikut ini bisa menjadi bahan rujukan Anda dalam memilih alat bantu dengar yang tepat. Karena ini akan memberikan informasi terbaik buat Anda, membuat anak Anda merasa percaya diri dan bertumbuh dengan baik dikehidupannya.

  1. Yang paling penting terlebih dahulu adalah Anda harus memastikan tempat pemeriksaan pendengaran yang tepat, profesional dan benar-benar berpengalaman melakukan pemeriksaan pendengaran untuk bayi dan anak-anak sehingga hasil pemeriksaannya lebih akurat. Pemeriksaan yang akurat akan memudahkan dalam menyeting alat bantu dengar sesuai dengan kebutuhan pendengarannya. Disamping itu seorang profesional akan lebih jujur kepada Anda dalam memberikan informasi dan solusi yang tepat bagi Anak Anda.
  2. Berikutnya, anda harus menggali informasi sebanyak2nya tentang solusi pendengaran terbaik untuk Anak Anda. Pilihan alat bantu dengar yang tersedia harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan mendengarnya. Jangan sampai alat yang akan dipakai ke anak anda tidak sesuai spesifikasinya. Misalnya, hasil pendengaran anak anda adalah terbilang profound atau katakanlah lebih dari 90 dB. Anda harus benar-benar memastikan bahwa spesifikasi alat bantu dengar yang digunakan benar-benar memiliki kemampuan amplifikasi yang besar. Biasanya alat bantu dengar yang memiliki kekuatan/amplifikasi yang ideal untuk kasus profound spesifikasi gainnya sebaiknya lebih dari 80 dB dan MPO (maximum power output) sebaiknya juga diatas 140 dB.
  3. Anda juga sebaiknya membandingkan beberapa pilihan alat bantu dengar yang tersedia dipasaran, mana yang benar-benar dibutuhkan untuk anak anda. Dalam hal ini, tidak terlepas dari poin nomor 2 diatas dan sesuaikan juga dengan fitur atau kelebihan yang ada pada alat tersebut. Mulai dari jumlah channelnya, feedback managmentnya, kemampuan untuk menangkap suara percakapan dan juga saat ini alat bantu dengar sudah banyak yang tahan air sehingga orang tua tidak lagi takut alatnya terkena keringat ataupun kehujanan ketika anak sedang beraktifitas diluar ruangan.
  4. Selanjutnya, disarankan untuk menghitung seberapa besar nilai investasi alat bantu dengar yang harus dikeluarkan. Harga alat bantu dengar memang variatif sesuai dengan kemampuan dan spesifikasi alatnya. Semakin bagus menangkap suara percakapan akan memudahkan dalam perkembangan komunikasinya ke depan dan semakin mahal pula nilai investasi yang harus dikeluarkan. Pastikan bahwa layanan purna jualnya baik sehingga Anda tidak kesulitan apabila alat tersebut bermasalah. Ketahanan alat bantu dengar digital saat ini berkisar 5 tahunan tergantung dari seberapa baik perawatan alatnya.
  5. Agar alat bantu dengar anak anda tidak mudah jatuh ketika dia bermain sebaiknya gunakan hearing aid retainer atau gantungan khusus untuk alat bantu dengar.

Mudah-mudahan 5 panduan diatas dapat membantu Anda dalam memilih alat bantu dengar yang baik untuk buah hati Anda.

Leave a Reply